Selasa, 16 Agustus 2016

RULES OF THE GAME

RULES OF THE GAME

Werewolf adalah sebuah permainan sederhana tentang kepercayaan, keyakinan, dan kebohongan yang bisa dipakai untuk grup yang besar (disarankan minimal tujuh orang). Permainan ini hanya membutuhkan satu set kartu yang dibagikan kepada masing-masing pemain. Permainan ini dilaksanakan dengan membuat lingkaran agar para pemain bisa melihat satu sama lain.
Alkisah di sebuah desa terdapat sekomplotan werewolf yang menyamar menjadi villager (warga desa) dan ingin membunuh semua villager. Mereka mencoba untuk melakukan pembantaian kepada seluruh villager di desa ini pada malam hari. Namun pada siang harinya semua orang yang ada di desa adalah warga biasa, tetapi beberapa dari mereka memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan werewolf diantara mereka.

THE GAME : Malam Hari dan Siang Hari (Permainan dimaninkan pada dua sesi, malam hari dan siang hari).


Malam Hari : Moderator memimpin permainan dengan mengatakan kepada para pemain bahwa hari sudah malam dan mereka harus tidur (menutup mata). Pada saat semua warga desa menutup matanya, moderator memanggil werewolf untuk membuka matanya dan memerintahkan mereka untuk membunuh villager (satu villager setiap malam) dengan berkata “werewolf, buka mata kalian”. Moderator kemudian memerintahkan mereka secara diam-diam untuk memilih korbannya dengan menunjuk salah satu pemain. Dalam hal ini, para werewolf HARUS melakukannya setenang mungkin dan tidak berisik, agar gerakannya tidak diketahui teman disebelahnya yang berakibat dicurigai sebagai werewolf. Setelah menutup mata werewolf kemudian moderator dapat memanggil pemain lain secara bergantian untuk menggunakan kemampuannya masing-masing.

Siang Hari : Siang hari dapat dimulai ketika moderator mengatakan “pagi hari, semuanya buka mata”. Kemudian moderator menjelaskan semalam terjadi pembunuhan, werewolf berhasil mendapatkan target...... dan sebagainya. Orang yang telah terbunuh tidak mengikuti pertandingan lagi dan harus keluar dari permainan diluar lingkaran DENGAN TIDAK BICARA DAN MEMBERIKAN PETUNJUK APAPUN. Yang dilakukan warga desa selanjutnya adalah melakukan persidangan untuk menghakimi seseorang yang dicurigai sebagai werewolf. Disinilah warga desa saling tuding dan menentukan seseorang untuk dibunuh berdasarkan hasil voting. Pemain yang telah dibunuh dari hasil voting tersebut harus meninggalkan permainan dengan menunjukkan identitasnya. Jadi yang terbunuh hari ini ada dua orang, yang pertama adalah korban werewolf, dan yang kedua adalah hasil voting. TIDAK ADA PEMBATASAN DALAM HAK BICARA, PEMAIN BISA MENGATAKAN APA SAJA, KEBENARAN, MENGALIHKAN ARAH PEMBICARAAN, MENUDUH, MEMBANTAH, MEMBELA, BAHKAN BERBOHONG. Permainan ini akan terus diulang prosesnya sampai salah satu pihak menang.

KETENTUAN PEMENANG : Warga desa menang apabila membunuh semua werewolf. Begitupun sebaliknya. Apabila berakhir dengan 2 warga desa dan 2 werewolf, maka pemenangnya adalah werewolf (analoginya mereka akan berhadapan satu lawan satu). Apabila berakhir dengan 1 warga desa dan 2 werewolf, maka pemenangnya sudah pasti werewolf. Dan berlaku untuk sebaliknya.
Werewolf hanya beraktifitas pada malam hari, dan pada siang hari mereka adalah warga yang berpura-pura dan mencoba untuk menghindari tuduhan dengan cara apapun.
Warga desa hanya bisa menebak siapa werewolf dengan melihat siapa yang terbunuh, apa yang terjadi dihari sebelumnya, mengikuti apa yang dikatakan pemain lainnya, atau melihat kecurigaan alasan salah satu orang yang dicurigai. Semua orang bisa saling tuduh, tetapi bagaimanapun juga ada seseorang yang mengetahui siapa werewolf yang sebenarnya.

1. WEREWOLF
Membunuh semua villager; beraktifitas pada malam hari; membunuh satu villager setiap malam; 

2. ALPHA WEREWOLF
Werewolf yang paling kuat; jika ia mati dia akan menunjuk satu orang villager yang akan dijadikan werewolf;

3. CURSE
Villager yang dikutuk oleh Tuhan; jika ia mati dibunuh oleh werewolf maka curse akan menjadi werewolf; jika ia mati dibunuh oleh voting ia tidak akan menjadi werewolf;

4. SORCERER
Sorcerer adalah komplotan werewolf yang bertugas menemukan “SEER”; dapat melihat identitas pemain lain; sorcerer tahu siapa werewolfnya, tetapi werewolf tidak tahu siapa sorcerernya;

5. SEER
Seer bertugas menemukan werewolf beserta komplotannya; dapat melihat identitas pemain lain yang dia curigai sebagai werewolf pada malam hari (membuka identitas satu pemain dalam satu malam);

6. GUARDIAN
Melindungi seseorang yang diduga menjadi target werewolf; guardian dapat melindungi dirinya sendiri;

7. HUNTER
Bisa memilih untuk membunuh satu orang yang dicurigai sebagai werewolf atau tidak pada malam hari; jika hunter mati dia akan membunuh satu orang yang dia curigai sebagai werewolf;

8. SHAMAN
Dapat mengetahui salah satu dari komplotan werewolf; shaman akan diberitahu oleh moderator dengan menunjuk salah satu dari komplotan werewolf;

9. MAYOR
Mayor memiliki dua suara saat voting; mayor akan sangat berguna disaat hasil voting draw;

10. POLITICAN
Membeli satu suara setiap malamnya (jika diperintahkan oleh moderator); disaat voting, villager yang suaranya telah dibeli oleh politican harus mengikuti apa yang divoting oleh politican;

11. PRIEST
Menggagalkan atau menyetujui hasil voting; mayor dan politican tidak akan berguna jika priest masih hidup;

12. DOCTOR
Menyembuhkan villager yang diserang oleh werewolf; moderator akan menunjuk “villager” yang diserang oleh werewolf, kemudian menanyakannya kepada doctor apakah ingin menyembuhkannya atau tidak; doctor hanya bisa menggunakan kemampuannya sebanyak 2x selama permainan;

13. DRUNKER
Tidak bisa dibunuh oleh werewolf; hanya bisa dibunuh oleh hasil voting;

14. LITTLE GIRL
Mengintip pada malam hari; menutup mata disaat werewolf bangun dan jangan sampai werewolf mengetahui jika little girl mengintip; bisa menjadi orang kepercayaan para villager karena telah mengetahui identitas dari masing-masing pemain;

15. SILENCER
Membungkam satu villager agar tidak bisa berargumen pada siang hari;

16. THE LOVER
Pencari cinta sejati; the lover akan memilih salah satu dari villager untuk dijadikan cinta sejatinya sehidup semati; jika the lover mati maka cinta sejatinya juga ikut mati dan begitu juga sebaliknya; the lover tidak mengetahui identitas cinta sejatinya, bisa saja werewolf;

17. THIEF
Menukar identitas dirinya dengan pemain lain pada malam hari;

18. BARTENDER
Me-nonaktifkan kemampuan pemain lain;

19. BOMBERMAN
Jika bomberman mati, orang disamping kiri dan kanannya akan ikut mati terkena bom dari bomberman;

20. WOLFBANE
Jika dibunuh oleh werewolf, pemegang kartu wolfbane akan menjadi “VAN HELSING”; Jika dibunuh melalui hasil voting atau yang lainnya, wolfbane akan mati tanpa berubah menjadi van helsing;

21. VAN HELSING
Membunuh siapa saja yang diinginkan; van helsing berjuang sendiri dan bukan termasuk dari golongan good side ataupun badside; ketika van helsing dipanggil dan membuka matanya, moderator akan membangunkan werewolf, disaat inilah mereka dipertemukan untuk pertama kalinya; werewolf dan villager mengetahui siapa yang menjadi van helsing; van helsing bisa memihak kepada good side ataupun bad side dengan memilih orang yang akan dibunuh; van helsing tidak memiliki hak suara disaat voting dan harus diam pada siang hari; van helsing bisa membunuh werewolf ataupun villager yang dia inginkan; van helsing bisa dibunuh oleh werewolf dan hasil voting;

22. VILLAGER
Hanya orang biasa; memiliki hak suara satu; semua orang menjadi villager pada siang hari;

23. MODERATOR
Moderator adalah orang yang mengatur jalannya permainan ini; moderator sebenarnya bisa memihak kepada good side ataupun badside pada permainan ini, karena dia yang mengatur semuanya, waktu siang dan malam, kemampuan kartu, dan lain-lain; moderator harus benar-benar mengerti tentang permainan ini; harus berhati-hati disaat mengatakan sesuatu;

24. THE WITCH
The witch adalah seorang penyihir; kemampuannya adalah penyembuh atau pencabut nyawa; ia harus memilih salah satu diantara kemampuannya itu; kemampuannya hanya bisa digunakan sebanyak 1x selama permainan;

25. VAMPIRE
Membunuh siapa saja yang diinginkan; vampire berjuang sendiri dan bukan termasuk dari golongan good side ataupun badside; ketika vampire dipanggil, moderator akan memberitahu dengan menunjuk siapa werewolfnya, tapi werewolf tidak tahu siapa yang menjadi vampire; vampire bisa memihak kepada good side ataupun bad side dengan memilih orang yang akan dibunuh; vampire memiliki hak suara disaat voting; vampire bisa membunuh werewolf ataupun villager yang dia inginkan; vampire bisa dibunuh oleh werewolf dan hasil voting;

26. BEHOLDER
Melindungi SEER dari voting bagaimanapun caranya; beholder tahu siapa SEER-nya, tapi SEER tidak tahu siapa beholdernya; mempengaruhi villager untuk tidak memvoting SEER;

27. TROUBLE MAKER
Menukar semua kartu pemain;

28. THE FRAME
Kedok / kambing hitam werewolf; moderator akan mengatakan bahwa the frame adalah werewolf; werewolf tahu siapa the framenya, tapi the frame tidak tahu siapa werewolfnya;

29. WARLOCK
Penyihir tingkat dewa; mampu melihat pemegang kartu penting seperti: WEREWOLF, SORCERER, SEER, GUARDIAN, HUNTER, PRIEST, SHAMAN, THE WITCH, VAN HELSING dan VAMPIRE; pada malam hari moderator membangunkan warlock, kemudian moderator mengatakan “werewolf, sorcerer, seer, guardian, hunter, priest, shaman, the witch, van helsing dan vampire angkat tangan kalian; biarkan beberapa detik agar warlock mengingat para pemegang kartu penting tanpa mengetahui identitas masing-masing dari mereka;  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar