RULES OF THE GAME
Werewolf adalah sebuah permainan sederhana tentang kepercayaan, keyakinan, dan kebohongan yang bisa dipakai untuk grup yang besar (disarankan minimal tujuh orang). Permainan ini hanya membutuhkan satu set kartu yang dibagikan kepada masing-masing pemain. Permainan ini dilaksanakan dengan membuat lingkaran agar para pemain bisa melihat satu sama lain.
Alkisah di sebuah desa terdapat sekomplotan werewolf yang menyamar
menjadi villager (warga desa) dan ingin membunuh semua villager. Mereka mencoba
untuk melakukan pembantaian kepada seluruh villager di desa ini pada malam
hari. Namun pada siang harinya semua orang yang ada di desa adalah warga biasa,
tetapi beberapa dari mereka memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan
werewolf diantara mereka.
THE GAME : Malam Hari dan Siang Hari (Permainan dimaninkan pada dua sesi,
malam hari dan siang hari).
Malam Hari : Moderator memimpin permainan dengan mengatakan kepada para
pemain bahwa hari sudah malam dan mereka harus tidur (menutup mata). Pada saat
semua warga desa menutup matanya, moderator memanggil werewolf untuk membuka
matanya dan memerintahkan mereka untuk membunuh villager (satu villager setiap
malam) dengan berkata “werewolf, buka mata kalian”. Moderator kemudian
memerintahkan mereka secara diam-diam untuk memilih korbannya dengan menunjuk
salah satu pemain. Dalam hal ini, para werewolf HARUS melakukannya setenang
mungkin dan tidak berisik, agar gerakannya tidak diketahui teman disebelahnya
yang berakibat dicurigai sebagai werewolf. Setelah menutup mata werewolf
kemudian moderator dapat memanggil pemain lain secara bergantian untuk
menggunakan kemampuannya masing-masing.
Siang Hari : Siang hari dapat dimulai ketika moderator mengatakan “pagi
hari, semuanya buka mata”. Kemudian moderator menjelaskan semalam terjadi
pembunuhan, werewolf berhasil mendapatkan target...... dan sebagainya. Orang
yang telah terbunuh tidak mengikuti pertandingan lagi dan harus keluar dari
permainan diluar lingkaran DENGAN TIDAK BICARA DAN MEMBERIKAN PETUNJUK APAPUN.
Yang dilakukan warga desa selanjutnya adalah melakukan persidangan untuk
menghakimi seseorang yang dicurigai sebagai werewolf. Disinilah warga desa
saling tuding dan menentukan seseorang untuk dibunuh berdasarkan hasil voting.
Pemain yang telah dibunuh dari hasil voting tersebut harus meninggalkan
permainan dengan menunjukkan identitasnya. Jadi yang terbunuh hari ini ada dua
orang, yang pertama adalah korban werewolf, dan yang kedua adalah hasil voting.
TIDAK ADA PEMBATASAN DALAM HAK BICARA, PEMAIN BISA MENGATAKAN APA SAJA,
KEBENARAN, MENGALIHKAN ARAH PEMBICARAAN, MENUDUH, MEMBANTAH, MEMBELA, BAHKAN
BERBOHONG. Permainan ini akan terus diulang prosesnya sampai salah satu pihak
menang.
KETENTUAN PEMENANG : Warga desa menang apabila membunuh semua werewolf.
Begitupun sebaliknya. Apabila berakhir dengan 2 warga desa dan 2 werewolf, maka
pemenangnya adalah werewolf (analoginya mereka akan berhadapan satu lawan
satu). Apabila berakhir dengan 1 warga desa dan 2 werewolf, maka pemenangnya
sudah pasti werewolf. Dan berlaku untuk sebaliknya.
Werewolf hanya beraktifitas pada malam hari, dan pada siang hari mereka
adalah warga yang berpura-pura dan mencoba untuk menghindari tuduhan dengan
cara apapun.
Warga desa hanya bisa menebak siapa werewolf dengan melihat siapa yang
terbunuh, apa yang terjadi dihari sebelumnya, mengikuti apa yang dikatakan
pemain lainnya, atau melihat kecurigaan alasan salah satu orang yang dicurigai.
Semua orang bisa saling tuduh, tetapi bagaimanapun juga ada seseorang yang
mengetahui siapa werewolf yang sebenarnya.
1. WEREWOLF
Membunuh semua villager; beraktifitas pada malam hari; membunuh satu
villager setiap malam;
2. ALPHA WEREWOLF
Werewolf yang paling kuat; jika ia mati dia akan menunjuk satu orang
villager yang akan dijadikan werewolf;
3. CURSE
Villager yang dikutuk oleh Tuhan; jika ia mati dibunuh oleh werewolf maka
curse akan menjadi werewolf; jika ia mati dibunuh oleh voting ia tidak akan
menjadi werewolf;
4. SORCERER
Sorcerer adalah komplotan werewolf yang bertugas menemukan “SEER”; dapat
melihat identitas pemain lain; sorcerer tahu siapa werewolfnya, tetapi werewolf
tidak tahu siapa sorcerernya;
5. SEER
Seer bertugas menemukan werewolf beserta komplotannya; dapat melihat
identitas pemain lain yang dia curigai sebagai werewolf pada malam hari
(membuka identitas satu pemain dalam satu malam);
6. GUARDIAN
Melindungi seseorang yang diduga menjadi target werewolf; guardian dapat
melindungi dirinya sendiri;
7. HUNTER
Bisa memilih untuk membunuh satu orang yang dicurigai sebagai werewolf
atau tidak pada malam hari; jika hunter mati dia akan membunuh satu orang yang
dia curigai sebagai werewolf;
8. SHAMAN
Dapat mengetahui salah satu dari komplotan werewolf; shaman akan
diberitahu oleh moderator dengan menunjuk salah satu dari komplotan werewolf;
9. MAYOR
Mayor memiliki dua suara saat voting; mayor akan sangat berguna disaat
hasil voting draw;
10. POLITICAN
Membeli satu suara setiap malamnya (jika diperintahkan oleh moderator);
disaat voting, villager yang suaranya telah dibeli oleh politican harus
mengikuti apa yang divoting oleh politican;
11. PRIEST
Menggagalkan atau menyetujui hasil voting; mayor dan politican tidak akan
berguna jika priest masih hidup;
12. DOCTOR
Menyembuhkan villager yang diserang oleh werewolf; moderator akan
menunjuk “villager” yang diserang oleh werewolf, kemudian menanyakannya kepada
doctor apakah ingin menyembuhkannya atau tidak; doctor hanya bisa menggunakan
kemampuannya sebanyak 2x selama permainan;
13. DRUNKER
Tidak bisa dibunuh oleh werewolf; hanya bisa dibunuh oleh hasil voting;
14. LITTLE GIRL
Mengintip pada malam hari; menutup mata disaat werewolf bangun dan jangan
sampai werewolf mengetahui jika little girl mengintip; bisa menjadi orang
kepercayaan para villager karena telah mengetahui identitas dari masing-masing
pemain;
15. SILENCER
Membungkam satu villager agar tidak bisa berargumen pada siang hari;
16. THE LOVER
Pencari cinta sejati; the lover akan memilih salah satu dari villager untuk
dijadikan cinta sejatinya sehidup semati; jika the lover mati maka cinta
sejatinya juga ikut mati dan begitu juga sebaliknya; the lover tidak mengetahui
identitas cinta sejatinya, bisa saja werewolf;
17. THIEF
Menukar identitas dirinya dengan pemain lain pada malam hari;
18. BARTENDER
Me-nonaktifkan kemampuan pemain lain;
19. BOMBERMAN
Jika bomberman mati, orang disamping kiri dan kanannya akan ikut mati
terkena bom dari bomberman;
20. WOLFBANE
Jika dibunuh oleh werewolf, pemegang kartu wolfbane akan menjadi “VAN
HELSING”; Jika dibunuh melalui hasil voting atau yang lainnya, wolfbane akan
mati tanpa berubah menjadi van helsing;
21. VAN HELSING
Membunuh siapa saja yang diinginkan; van helsing berjuang sendiri dan
bukan termasuk dari golongan good side ataupun badside; ketika van helsing
dipanggil dan membuka matanya, moderator akan membangunkan werewolf, disaat
inilah mereka dipertemukan untuk pertama kalinya; werewolf dan villager
mengetahui siapa yang menjadi van helsing; van helsing bisa memihak kepada good
side ataupun bad side dengan memilih orang yang akan dibunuh; van helsing tidak
memiliki hak suara disaat voting dan harus diam pada siang hari; van helsing
bisa membunuh werewolf ataupun villager yang dia inginkan; van helsing bisa
dibunuh oleh werewolf dan hasil voting;
22. VILLAGER
Hanya orang biasa; memiliki hak suara satu; semua orang menjadi villager
pada siang hari;
23. MODERATOR
Moderator adalah orang yang mengatur jalannya permainan ini; moderator
sebenarnya bisa memihak kepada good side ataupun badside pada permainan ini,
karena dia yang mengatur semuanya, waktu siang dan malam, kemampuan kartu, dan
lain-lain; moderator harus benar-benar mengerti tentang permainan ini; harus
berhati-hati disaat mengatakan sesuatu;
24. THE WITCH
The witch adalah seorang penyihir; kemampuannya adalah penyembuh atau
pencabut nyawa; ia harus memilih salah satu diantara kemampuannya itu;
kemampuannya hanya bisa digunakan sebanyak 1x selama permainan;
25. VAMPIRE
Membunuh siapa saja yang diinginkan; vampire berjuang sendiri dan bukan
termasuk dari golongan good side ataupun badside; ketika vampire dipanggil,
moderator akan memberitahu dengan menunjuk siapa werewolfnya, tapi werewolf
tidak tahu siapa yang menjadi vampire; vampire bisa memihak kepada good side
ataupun bad side dengan memilih orang yang akan dibunuh; vampire memiliki
hak suara disaat voting; vampire bisa membunuh werewolf ataupun villager yang
dia inginkan; vampire bisa dibunuh oleh werewolf dan hasil voting;
26. BEHOLDER
Melindungi SEER dari voting bagaimanapun caranya; beholder tahu siapa
SEER-nya, tapi SEER tidak tahu siapa beholdernya; mempengaruhi villager untuk
tidak memvoting SEER;
27. TROUBLE MAKER
Menukar semua kartu pemain;
28. THE FRAME
Kedok / kambing hitam werewolf; moderator akan mengatakan bahwa the frame
adalah werewolf; werewolf tahu siapa the framenya, tapi the frame tidak tahu
siapa werewolfnya;
29. WARLOCK
Penyihir tingkat dewa; mampu melihat pemegang kartu penting seperti:
WEREWOLF, SORCERER, SEER, GUARDIAN, HUNTER, PRIEST, SHAMAN, THE WITCH, VAN HELSING dan
VAMPIRE; pada malam hari moderator membangunkan warlock, kemudian moderator
mengatakan “werewolf, sorcerer, seer, guardian, hunter, priest, shaman, the
witch, van helsing dan vampire angkat tangan kalian; biarkan beberapa detik agar warlock
mengingat para pemegang kartu penting tanpa mengetahui identitas masing-masing
dari mereka;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar